Tugas kelompok DosenPembimbing
praktik
kerja kewirausahaan Dr. H. Kusnadi, M,Pd
PROPOSAL
USAHA BATU AKIK
(GEMSTONE
SHOP)
Atik
Umamah
Riski
Apriyanti
Tika
Apriani
JURUSAN
PENDIDIKAN EKONOMI
FAKULTAS
TARBIYAH DAN KEGURUAN
UNI
VERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU
2015
KATA PENGANTAR
Segala
puji dan syukur kita panjatkan kepada Allah SWT serta shalawat dan salam kami
sampaikan hanya bagi tokoh dan teladan kita Nabi Muhammad SAW. Diantara sekian
banyak nikmat Allah SWT yang membawa kita dari kegelapan ke dimensi terang yang
memberi hikmah dan yang paling bermanfaat bagi seluruh umat manusia, sehingga
oleh karenanya kami dapat menyelesaikan tugas praktik kerja kewirausahaan ini
dengan baik dan tepat waktu.
Adapun
maksud dan tujuan dari penyusunan proposal ini adalah untuk memenuhi salah satu
tugas yang diberikan oleh dosen pada mata kuliah praktik kerja kewirausahaan .
Dalam
proses penyusunan tugas ini kami menjumpai hambatan, namun berkat dukungan
materil dari berbagai pihak, akhirnya kami dapat menyelesaikan tugas ini dengan
cukup baik, oleh karena itu melalui kesempatan ini kami menyampaikan
terimakasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada semua pihak terkait yang
telah membantu terselesaikannya tugas ini.
Pekanbaru,
Maret 2015
Tim
Penyusun
BAB
I
PENDAHULUAN
1.1. Nama dan Alamat Perusahaan
Nama perusahaan :
Gemstone shop
Alamat perusahaan :
Jl. HR. Soebrantas KM. 15 perum. Nugraha Perdana Lestari Blok A.21
No. HP
: ( 087790984144)
1.2. Nama dan Alamat Pemilik
Nama :
Riski Apriyanti
Alamat : Jl. HR. Soebrantas KM. 15 perum. Nugraha Perdana Lestari Blok A.21
No. HP : (087790984144)
1.3. Nama dan Alamat Penanggung jawab
Nama :
Alfian Usman Nasution
Alamat : Jl. Swakarya Gg. AMD
No. HP : (081275946196)
1.4.
Nama dan alamat sekertaris
Nama :
Atik Umamah
Alamat : Jl. HR. Soebrantas KM. 15 perum. Nugraha Perdana Lestari Blok A.21
No. HP : (082332219195)
1.5. nama
dan alamat bendahara
Nama :
Tika Apriani
Alamat :
Jl. Asta Karya Blok N.19
No. HP :
(081364402588)
1.6 Informasi tentang bisnis yang dilaksanakan
Perusahaan kami bergerak di bidang
perdagangan yang menjual berbagai jenis
batu mulia, khususnya untuk kaum lelaki remaja maupun dewasa.
Sebelum kami menjalankan perusahaan
yang kami rencanakan ini, maka kami harus mempunyai modal usaha. Untuk
merencanakan pemasaran, perusahaan kami akan mempromosikan dan mendistribusikan
produk kami melalui pasar online maupun langsung datang ke tempat kami agar
pembeli dapat melihat langsung bentuk batu akik tersebut, melalui pasar online
ini kami lebih mudah menjangkau pembeli/konsumen di seluruh mancanegara
khususnya Indonesia yang tidak dapat langsung datang melihat produk
kami,sehingga kami menyediakan blog dan akun sosial media yang khusus kami
tujukan untuk para konsumen batu akik yang kami pasarkan.
Adapun maksud dan tujuan kami
mendirikan perusahaan ini yaitu:
1) Berperan aktif dalam bidang bisnis dan kewirausahaan,
2) Menyediakan kebutuhan akan batu akik yang lagi ngetren
dikalangan masyarakat khususnya Indonesia.
3) memudahkan pelanggan mencari batu akik yang diinginkan,khususnya
para pencintai batu akik.
4) Menjalin persahabatan antara pelanggan sesame pencinta
batu akik, dan
5) Mendapatkan keuntungan atau laba.
BAB II
RANGKUMAN EKSEKUTIF
2.1.
Latar Belakang
Akhir-akhir
ini, trend memakai perhiasan yang dihiasi batu akik sedang
marak di kalangan masyarakat. Batu akik adalah jenis batu permata yang
berasal dari campuran mineral alam. Batuan jenis ini memiliki komposisi kimia
alam yang berbeda-beda. Komposisi yang dikandungnya ini mempengaruhi struktur
kristal di dalamnya, sehingga mempengaruhi tingkat kepadatan masing-masing
batu. Dalam pengklasifikasiannya digunakan Skala Mohs dari 1 sampai 10. Batu
akik adalah istilah yang dipakai untuk mengklasifikasikan batu permata
dengan skala Mohs di bawah 7,5. Sebelum menjadi batu permata, batu mulia harus
di poles terlebih dahulu sebelum dijadikan perhiasan. Jenis batuan ini diminati
oleh para kolektor dan mempunyai harga jual yang tinggi
“Sekarang
ini, budaya yang berkembang di masyarakat adalah budaya konsumtif. Life
style atau gaya hidup yang dipengaruhi oleh faktor buying dan
income,” Pola konsumtif masyarakat zaman dahulu semata-mata untuk memenuhi
kebutuhannya. Sementara sekarang ini, pola konsumtif masyarakat dipengaruhi
oleh dunia industri. Masyarakat berubah menjadi komunitas yang transisi, tidak
memiliki identitas dan tidak memiliki filter dalam menerima kebudayaan
apapun yang datang kepada mereka.
Agama
pun menganjurkan kita untuk tidak berlaku boros dan berlebih-lebihan. Tercantum
dalam Al Quran surat Al Isra ayat 26, “Dan berikanlah haknya kepada kerabat
dekat, juga kepada orang miskin dan orang yang dalam perjalanan; dan janganlah
kamu menghambur-hamburkan (hartamu) secara boros.”
Dari
kutipan ayat di atas, terlihat jelas bagaimana agama menganjurkan untuk berbuat
baik kepada sesama selain mementingkan hobi. Hobi seseorang memang tidak bisa
dijustifikasi begitu saja. Alangkah lebih baik jika kita mampu memilah dan
memilih hal mana yang lebih bermanfaat untuk dilakukan. Bukan berarti hobi
seseorang itu tidak bermanfaat, karena hobi merupakan salah satu alat untuk
pemenuhan kebutuhan ruhaniah manusia. Namun, ada batas yang perlu ditaati di
sini. Mungkin membeli batu akik yang harganya lebih standar. Hobi
tetap terpuaskan, gaya hidup sederhana pun terjalani.
Budaya
batu akik tidak hanya menghiasi ranah sosial masyarakat saat ini saja.
Namun, budaya ini telah lama berkembang sejak zaman dahulu. Entah itu di
Sumatera Barat ataupun di pulau Jawa. Bedanya dulu, mayoritas pengguna batu
akik adalah dari kalangan datuk dan tetua kampung. Atau laki-laki dewasa
dalam arti luas. Berbeda dengan sekarang, dimana para remaja juga tertarik
untuk memakai perhiasan ini. Baik itu laki-laki maupun perempuan. Dalam konteks
ilmu spiritual, hal yang dapat dilakukan ke depannya adalah meminimalisir sikap
fanatik terhadap batu akik. Percaya dengan khasiat dan kekuatan yang
dimiliki batuan mulia ini. Karena mustahil untuk menghilangkannya. Mengingat
latar belakang budaya masyarakat yang terlebih dahulu sudah dihiasi Animisme
dan Dinamisme.
2.2.
Visi dan Misi
Visi :
Sebagai solusi untuk para pencinta
batu akik, agar memudahkan mereka mendapatkan batu yang mereka inginkan dan
memberikan pelayanan seoptimal mungkin.
Misi :
Mewujudkan pelayanan yang bersahabat
dan menjadi pelopor penjualan batu akik online yang terpercaya .
2.3.
Lokasi
Lokasi
yang dipilih merupakan tempat yang strategis di Perumahan di sekitar kawasan pemukiman
mahasiswa dan keluarga, dan juga kami memilih pasar online sebagai salah satu
tujuan pemasaran.
Twitter
: @gemstone_shop
Facebook:
gemstone shop
Pin
BBM : 7CF661C7
SMS
: 087790984144
Blog
: gemstone shop
2.4.
Ruangan / Tempat yang dibutuhkan
Ruangan
/ Tempat yang dibutuhkan kami hanya membutuhkan koneksi internet dan smartphone
untuk memasarkan produk.
2.5.
Waktu Operasional
Waktu
untuk melakukan pelayanan usaha batu akik ini dibuka dari pukul 08.00 pagi sampai dengan pukul 23.00, setiap hari.
2.6.
Kesan / Counter Style
Kesan yang akan kami bangun dalam melayani pelanggan adalah ” Friendly With Consumers” kami tidak hanya berfungsi sebagai penjual saja namun kami juga menciptakan suasana yang bersahabat terhadap konsumen.
2.7.
Konsep Promosi
kami membuat
advertisement secara on-line di internet agar bisa dijangkau masyarakat luas
dengan cara melakukan transaksi atau pun bisnis on-line. Dengan cara ini kami
optimis akan lebih mudah dan cepat dikenal oleh masyarakat.
2.8.
Target Pelanggan
Target
pelanggan Batu akik ini adalah : dari semua kalangan mulai dari kalangan
dewasa, remaja, anak-anak, baik pria maupun wanita.
BAB III
ANALISIS INDUSTRI
3.1. Prespektif Masa Depan Usaha
Dengan terciptanya tempat usaha yang bergerak di bidang
perdagangan, maka kami yakin usaha ini akan maju. Karena batu akik pada saat
sekarang ini lagi ngetren di semua kalangan hingga di katakana demam batu akik.
3.2. Analisis Persaingan
Berdasarkan pemantauan dan hasil survey yang ada bahwa
penjualan batu akik secara online belum terlalu banyak, dikarenakan banyak
orang yang lebih memilih untuk menjual langsung batu akik di pinggir-pinggir
jalan maupun di toko.
3.3. Segmentasi Pasar yang akan dimasuki
Segmen pasar yang akan kami masuki yaitu dari semua
kalangan, sehingga dapat lebih memudahkan kami dalam memasarkan produk yang
kami jual
BAB IV
DESKRIPSI USAHA
4.1. Produk yang dihasilkan
Mengingat masyarakat saat ini yang
sedang demam batu akik membuat keinginan masyarakat untuk memiliki batu akik
menjadi tinggi, seperti yang tadinya tidak suka atau kurang mengenal batu akik
sekarang beralih menyukai batu akik bahkan menjadikannya sebuah hobi baru
mereka.
Adapun
kualitas produk atau mutu produk yang kami hasilkan memiliki beberapa
keunggulan:
o
Berkualitas
tinggi dan dapat memuaskan konsumen,
o Bermacam-macam bentuk, jenis dan
warna batu akik
o Hasil
Sebagai
kebutuhan
sehari-hari dengan berbagai macam fungsi dan manfaat
Selain
itu, produk yang kami pasarkan mempunyai beberapa keistimewaan, diantaranya :
o
Harga terjangkau oleh kemampuan
konsumen,
o kualitas produk
terjamin
o sesuai dengan
selera masyarakat
4.2. Ruang Lingkup Usaha
Ruang lingkup lingkup usaha batu
akik ini kami rancang dengan sebaik mungkin karena semua itu bisa berpengaruh
terhadap maju mundurnya perusahaan kami, maka dari itu kami berusaha memberikan
sesuatu yang terbaik untuk konsumen, seperti adimnnya cepat menanggapin
pertanyaan konsumen tentang produk yang kami jual.
Perusahaan batu akik ini terletak di Jl. HR. Soebrantas KM.
15 perum. Nugraha Perdana Lestari Blok A.21 di sekitar kawasan pemukiman
mahasiswa dan keluarga.
4.3. Personalia dan Perlengkapan Kantor
Pemilik
:
Riski Apriyanti
Penanggung Jawab : Alfian Usman Nasution
Sekretaris : Atik Umamah
Bendahara : Tika Apriani
BAB V
RENCANA PRODUKSI
5.1. Proses Produksi
Proses
produksi yang kami jalankan dalam perusahaan gemstone shop ini kami tidak langsung
memproduksinya sendiri kami kami hanya sebagai pihak kedua (distributor)
5.2. Sumber-sumber Produk / Bahan
Untuk
sumber-sumber bahan batu akik kami mengambil dari supplier atau perusahaan yang
sudah terjamin dan terbukti kualitas pakaiannya dengan model dan corak yang
menarik konsumen tentunya. Sehingga dengan begitu tidak merugikan berbagai
pihak, baik dari pihak perusahaan maupun konsumen yang membelinya.
BAB VI
RENCANA PEMASARAN
6.1. Penetapan Harga
Harga yang akan dikenakan adalah harga yang diperkirakan
akan terjangkau oleh masyarakat sekitar. Setelah memperhitungkan dengan cukup
matang, akhirnya kami tetapkan sebagai harga awal berikut adalah tabel harga
jasa produk yang ditawarkan. adapun untuk selanjutnya harga akan disesuaikan
dengan perkembangan selanjutnya.
No.
|
Jenis Produk
|
Harga
|
1
|
Pandan nanas
|
> Rp. 300.000,- s/d Rp. 500.000,-
|
2
|
sulaiman
|
> Rp.200.000,- s/d Rp. 400.000 ,-
|
3
|
Bacan doko
|
> Rp. 500.000,- s/d Rp. 650.000,-
|
4
|
raflesia
|
> Rp. 300.000,- s/d Rp. 450.000,-
|
5
|
Pandan merah
|
> Rp. 100.000,- s/d Rp. 250.000,-
|
6
|
Anggur hijau
|
> Rp. 135.000,- s/d Rp. 250.000,-
|
7
|
Akar bambu
|
> Rp. 150.000,-
|
8
|
Black jade
|
> Rp. 400.000,- s.d Rp. 600.000,-
|
6.2. Pelaksanaan Distribusi
Distribusi
yang dilakukan perusahaan kami yaitu distribusi intensif, diusahakan sebanyak
mungkin agar dapat menjual produk sebanyak-banyaknya dan lebih mendekati
konsumen, dengan cara iklan atau promosi di berbagai sosial media yang kami
buat
6.3. Strategi
Promosi yang akan
dilakukan
Strategi
yang akan kami jalankan pada perusahaan ini antara lain :
• Membuat brosur berisi produk – produk baru dan di upload di
semua sosial media.
• Melakukan iklan-iklan di dunia
internet baik melalui situs jejaring sosial maupun forum.
BAB VII
PERENCANAAN ORGANISASI
7.1.
Job Description
¤ Pemilik usaha bertugas untuk
memantau jalannya usaha dan menerima laporan sebulan sekali dari hasil usaha.
¤ Sekretaris bertugas untuk membuat
surat-surat yang dubutuhkan oleh perusahaan, mencatat data.
¤ Bendahara bertugas untuk membuat
laporan keuangan setiap bulannya.
¤ Penanggung
jawab bertugas untuk bertanggung jawab mengupdate barang yang kami butuh kan untuk kami jual
kembali.
¤ admin bertugas sebagai penjual atau
melayani costumer yang bertanya tentang produk yang kami jual
7.2.
Latar Belakang Tim Management
Latar
belakang tim management ini terdiri dari teman –teman mahasiswa yang dipercayai
dapat memajukan tempat pelayanan yang berhubungan dengan usaha batu akik. Selain itu
dituntut profesionalisme dalam menjalankan setiap pekerjaan.
BAB VIII
RESIKO
8.1. Evaluasi tentang kelemahan Usaha (Analisis SWOT)
Strength (Kekuatan)
1. Bertanggung jawab, disiplin kerja,
kreatif dan inovatif
2. Dapat memenuhi kebutuhan pelanggan
3. Memberikan pelayanan terbaik
terhadap pelanggan
4. Menjual produk yang berkualitas
|
Weaknes (Kelemahan)
1. batu akik merupakan sumberdaya alam
terbatas dan tidak bisa di perbaharui, dan suatu saat kami akan kesulitan
mencari batu yang akan kami jual.
|
Oportunity (Peluang)
1. Dengan tetap manjaga mutu dan
kualitas produk, kami yakin kami dapat bersaing secara sehat dengan usaha
batu akik lainnya
2. Saat ini dengan masih sedikitnya
usaha di bidang batu akik secara online,maka kami lebih berpeluang menarik
pelanggan yang menggunakan jejaring sosial.
|
Threaty (Ancaman) :
Munculnya usaha-usaha batu akik
yang banyak menjamur di pinggir jalan.
|
8.2. Gambaran tentang Masa Kini
Resiko
yang dihadapi adalah berupa ancaman terhadap kelangsungan jumlah kunjungan
pelanggan. Hal ini disebabkan semakin banyaknya penjual batu akik yang menjamur
dimana-mana dengan lebih mudah dan murah yang berskala internasional. Dengan ini maka akan membuat kami
kewalahan dalam menjualkan produk kami. Sebagai
upaya untuk mengantisipasi hal ini, maka kami selalu memberikan dan
menyediakan semua jenis produk batu akik dan tentunya sesuai dengan selera dan
kebutuhan masyarakat. Dengan
begitu pelanggan akan memiliki keterkaitan dan terus merasa perlu untuk datang
ke tempat kami.
BAB IX
PERENCANAAN PERMODALAN
9.1. Sumber-sumber permodalan
Sebagai
sumber awal mula pendirian usaha batu akik ini dari modal bersama, karena dalam
mendirikan usaha ini kami tidak sendirian. Sebagai investasinya untuk itu
didirikanlah perusahaan dalam bidang perdagangan
.
9.2. Neraca Permulaan Perusahaan (perbulan)
1.
Modal Awal produksi
Bahan batu akik
|
Rp. 950.000,-
|
|
Biaya pembelian paket internet 2 kartu
|
Rp. 150.000,-+
|
|
Jumlah Modal Produksi
|
Rp. 1.100.000,-
|
2.
Biaya lain-lain
·
pengikiran 30.000*20 buah Rp.
600.000 ,-
·
Pengikat/ring
100.000* 15 buah Rp. 1.500.000,-
·
Transportasi Rp. 210.000,- +
Jumlah biaya lain-lain Rp. 2.310.000,-
Jumlah biaya lain-lain Rp. 2.310.000,-
Total seluruh biaya produksi (1 + 2)
Jumlah modal produksi Rp. 1.100.000.,-
Jumlah biaya lain-lain Rp. 2.310.000,- +
Total Rp. 3.410.000
9.3. Proyeksi Aliran Kas
Untuk butik kami proyeksi keuntungan kotor adalah 40% dari
penghasilan. Rata-rata untuk kami ini,
akan mampu menjual sekitar 17 buah batu akik perbulan, sehingga jika diambil
keuntungan bersih perbulan adalah sekitar 2.500.000 – 3.390.000 perbulan.
Sehingga, pada bulan pertama, kami sudah bisa balik modal.
Dan bulan selanjutnya, kami tinggal mengumpulkan untung dan kemungkinan besar
kami gunakan untuk mengembangkan usaha kami.
BAB X
PENUTUP
Simpulan
Menurut
pandangan saya usaha ini akan berkembang dan mencapai kesuksesan. Meskipun banyak pesaing yang menjual batu akik ini
tetapi saya sangat optimis bahwa usaha ini akan berkembang dan memberi harapan
yang sangat menjanjikan. Saya akan berusaha dengan kemampuan yang saya miliki
agar usaha ini dapat berjalan lancar untuk melaksanakan usaha ini dengan tidak
pantang menyerah dengan segala kendala dan rintangan yang mungkin terjadi
setiap saat. Saya juga berkeyakinan, untuk dapat mengatasi segala rintangan
yang saya hadapi. Dalam menjalankan usaha ini membutuhkan kemantapan dan
keuletan dalam menjalankannya. Saya juga akan bersungguh-sungguh dalam
mengelola usaha ini sebaik mungkin. Begitu besarnya biaya usaha yang
dibutuhkan, saya tidak akan main-main dalam usaha ini.
Demikin proposal
ini saya buat sebagai pegangan dalam pengelolaan usaha, dan tolak ukur
keberhasilan usaha. Semoga usaha batu
akik (gemstone shop) yang saya dirikan ini dapat berjalan sukses.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar