kebersamaan

kebersamaan

Senin, 09 Maret 2015

Proposal Usaha Batu Akik (Gemstone Shop)




Tugas kelompok                                                                      DosenPembimbing
praktik kerja kewirausahaan                                                  Dr. H. Kusnadi, M,Pd                         

PROPOSAL USAHA BATU AKIK
(GEMSTONE SHOP)




Disusun Oleh  :
Atik Umamah
Riski Apriyanti
Tika Apriani

JURUSAN PENDIDIKAN EKONOMI
FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN
UNI VERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU
2015
KATA PENGANTAR



Segala puji dan syukur kita panjatkan kepada Allah SWT serta shalawat dan salam kami sampaikan hanya bagi tokoh dan teladan kita Nabi Muhammad SAW. Diantara sekian banyak nikmat Allah SWT yang membawa kita dari kegelapan ke dimensi terang yang memberi hikmah dan yang paling bermanfaat bagi seluruh umat manusia, sehingga oleh karenanya kami dapat menyelesaikan tugas praktik kerja kewirausahaan ini dengan baik dan tepat waktu.
Adapun maksud dan tujuan dari penyusunan proposal ini adalah untuk memenuhi salah satu tugas yang diberikan oleh dosen pada mata kuliah praktik kerja kewirausahaan .
Dalam proses penyusunan tugas ini kami menjumpai hambatan, namun berkat dukungan materil dari berbagai pihak, akhirnya kami dapat menyelesaikan tugas ini dengan cukup baik, oleh karena itu melalui kesempatan ini kami menyampaikan terimakasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada semua pihak terkait yang telah membantu terselesaikannya tugas ini.




Pekanbaru, Maret 2015

Tim Penyusun



BAB I
PENDAHULUAN

1.1.   Nama dan Alamat Perusahaan
Nama perusahaan        : Gemstone shop
Alamat perusahaan      : Jl. HR. Soebrantas KM. 15 perum. Nugraha Perdana Lestari                                  Blok A.21
No. HP                       : ( 087790984144)
1.2.  Nama dan Alamat Pemilik
Nama                           : Riski Apriyanti
Alamat                                    : Jl. HR. Soebrantas KM. 15 perum. Nugraha Perdana Lestari                                  Blok A.21
No. HP                        : (087790984144)
1.3.  Nama dan Alamat Penanggung jawab
Nama                           : Alfian Usman Nasution
Alamat                                    : Jl. Swakarya Gg. AMD
No. HP                        : (081275946196)
1.4. Nama dan alamat sekertaris
Nama                           : Atik Umamah
Alamat                                    : Jl. HR. Soebrantas KM. 15 perum. Nugraha Perdana Lestari                                  Blok A.21
No. HP                        : (082332219195)
1.5.  nama dan alamat bendahara
Nama                           : Tika Apriani
Alamat                                    : Jl. Asta Karya Blok N.19
No. HP                        : (081364402588)


1.6 Informasi tentang bisnis yang dilaksanakan
Perusahaan kami bergerak di bidang perdagangan  yang menjual berbagai jenis batu mulia, khususnya untuk kaum lelaki remaja maupun dewasa.
Sebelum kami menjalankan perusahaan yang kami rencanakan ini, maka kami harus mempunyai modal usaha. Untuk merencanakan pemasaran, perusahaan kami akan mempromosikan dan mendistribusikan produk kami melalui pasar online maupun langsung datang ke tempat kami agar pembeli dapat melihat langsung bentuk batu akik tersebut, melalui pasar online ini kami lebih mudah menjangkau pembeli/konsumen di seluruh mancanegara khususnya Indonesia yang tidak dapat langsung datang melihat produk kami,sehingga kami menyediakan blog dan akun sosial media yang khusus kami tujukan untuk para konsumen batu akik yang kami pasarkan.
Adapun maksud dan tujuan kami mendirikan perusahaan ini yaitu:
1) Berperan aktif dalam bidang bisnis dan kewirausahaan,
2) Menyediakan kebutuhan akan batu akik yang lagi ngetren dikalangan masyarakat khususnya Indonesia.
3) memudahkan pelanggan mencari batu akik yang diinginkan,khususnya para pencintai batu akik.
4) Menjalin persahabatan antara pelanggan sesame pencinta batu akik, dan
5) Mendapatkan keuntungan atau laba.



BAB II
RANGKUMAN EKSEKUTIF

2.1.   Latar Belakang
            Akhir-akhir ini, trend memakai perhiasan yang dihiasi batu akik sedang marak di kalangan masyarakat. Batu akik adalah jenis batu permata yang berasal dari campuran mineral alam. Batuan jenis ini memiliki komposisi kimia alam yang berbeda-beda. Komposisi yang dikandungnya ini mempengaruhi struktur kristal di dalamnya, sehingga mempengaruhi tingkat kepadatan masing-masing batu. Dalam pengklasifikasiannya digunakan Skala Mohs dari 1 sampai 10. Batu akik adalah istilah yang dipakai untuk mengklasifikasikan batu permata dengan skala Mohs di bawah 7,5. Sebelum menjadi batu permata, batu mulia harus di poles terlebih dahulu sebelum dijadikan perhiasan. Jenis batuan ini diminati oleh para kolektor dan mempunyai harga jual yang tinggi  
            “Sekarang ini, budaya yang berkembang di masyarakat adalah budaya konsumtif. Life style atau gaya hidup yang dipengaruhi oleh faktor buying dan income,” Pola konsumtif masyarakat zaman dahulu semata-mata untuk memenuhi kebutuhannya. Sementara sekarang ini, pola konsumtif masyarakat dipengaruhi oleh dunia industri. Masyarakat berubah menjadi komunitas yang transisi, tidak memiliki identitas dan tidak memiliki filter dalam menerima kebudayaan apapun yang datang kepada mereka.
            Agama pun menganjurkan kita untuk tidak berlaku boros dan berlebih-lebihan. Tercantum dalam Al Quran surat Al Isra ayat 26, “Dan berikanlah haknya kepada kerabat dekat, juga kepada orang miskin dan orang yang dalam perjalanan; dan janganlah kamu menghambur-hamburkan (hartamu) secara boros.
            Dari kutipan ayat di atas, terlihat jelas bagaimana agama menganjurkan untuk berbuat baik kepada sesama selain mementingkan hobi. Hobi seseorang memang tidak bisa dijustifikasi begitu saja. Alangkah lebih baik jika kita mampu memilah dan memilih hal mana yang lebih bermanfaat untuk dilakukan. Bukan berarti hobi seseorang itu tidak bermanfaat, karena hobi merupakan salah satu alat untuk pemenuhan kebutuhan ruhaniah manusia. Namun, ada batas yang perlu ditaati di sini. Mungkin membeli batu akik yang harganya lebih standar. Hobi tetap terpuaskan, gaya hidup sederhana pun terjalani. 
            Budaya batu akik tidak hanya menghiasi ranah sosial masyarakat saat ini saja. Namun, budaya ini telah lama berkembang sejak zaman dahulu. Entah itu di Sumatera Barat ataupun di pulau Jawa. Bedanya dulu, mayoritas pengguna batu akik adalah dari kalangan datuk dan tetua kampung. Atau laki-laki dewasa dalam arti luas. Berbeda dengan sekarang, dimana para remaja juga tertarik untuk memakai perhiasan ini. Baik itu laki-laki maupun perempuan. Dalam konteks ilmu spiritual, hal yang dapat dilakukan ke depannya adalah meminimalisir sikap fanatik terhadap batu akik. Percaya dengan khasiat dan kekuatan yang dimiliki batuan mulia ini. Karena mustahil untuk menghilangkannya. Mengingat latar belakang budaya masyarakat yang terlebih dahulu sudah dihiasi Animisme dan Dinamisme.

2.2.   Visi dan Misi
Visi      : Sebagai solusi untuk para pencinta batu akik, agar memudahkan mereka mendapatkan batu yang mereka inginkan dan memberikan pelayanan seoptimal mungkin.
Misi     : Mewujudkan pelayanan yang bersahabat dan menjadi pelopor penjualan batu akik online yang terpercaya .


2.3.   Lokasi
Lokasi yang dipilih merupakan tempat yang strategis di Perumahan di sekitar kawasan pemukiman mahasiswa dan keluarga, dan juga kami memilih pasar online sebagai salah satu tujuan pemasaran.
Twitter : @gemstone_shop
Facebook: gemstone shop
Pin BBM : 7CF661C7
SMS : 087790984144
Blog : gemstone shop
2.4.   Ruangan / Tempat yang dibutuhkan
Ruangan / Tempat yang dibutuhkan kami hanya membutuhkan koneksi internet dan smartphone untuk memasarkan produk.
2.5.   Waktu Operasional
Waktu untuk melakukan pelayanan usaha batu akik ini dibuka dari pukul 08.00 pagi sampai dengan pukul 23.00, setiap hari.
2.6.   Kesan / Counter Style
               Kesan yang akan kami bangun dalam melayani pelanggan adalah ” Friendly With Consumers” kami tidak hanya berfungsi sebagai penjual saja namun kami juga menciptakan suasana yang bersahabat terhadap konsumen.
2.7.   Konsep Promosi
 kami membuat advertisement secara on-line di internet agar bisa dijangkau masyarakat luas dengan cara melakukan transaksi atau pun bisnis on-line. Dengan cara ini kami optimis akan lebih mudah dan cepat dikenal oleh masyarakat.
2.8.   Target Pelanggan
Target pelanggan Batu akik ini adalah : dari semua kalangan mulai dari kalangan dewasa, remaja, anak-anak, baik pria maupun wanita.
BAB III
ANALISIS INDUSTRI


3.1.   Prespektif Masa Depan Usaha
Dengan terciptanya tempat usaha yang bergerak di bidang perdagangan, maka kami yakin usaha ini akan maju. Karena batu akik pada saat sekarang ini lagi ngetren di semua kalangan hingga di katakana demam batu akik.

3.2.   Analisis Persaingan
Berdasarkan pemantauan dan hasil survey yang ada bahwa penjualan batu akik secara online belum terlalu banyak, dikarenakan banyak orang yang lebih memilih untuk menjual langsung batu akik di pinggir-pinggir jalan maupun di toko.

3.3.   Segmentasi Pasar yang akan dimasuki
Segmen pasar yang akan kami masuki yaitu dari semua kalangan, sehingga dapat lebih memudahkan kami dalam memasarkan produk yang kami jual




BAB IV
DESKRIPSI USAHA

4.1.   Produk yang dihasilkan
            Mengingat masyarakat saat ini yang sedang demam batu akik membuat keinginan masyarakat untuk memiliki batu akik menjadi tinggi, seperti yang tadinya tidak suka atau kurang mengenal batu akik sekarang beralih menyukai batu akik bahkan menjadikannya sebuah hobi baru mereka.
Adapun kualitas produk atau mutu produk yang kami hasilkan memiliki beberapa keunggulan:
o   Berkualitas tinggi dan dapat memuaskan konsumen,
o   Bermacam-macam bentuk, jenis dan warna batu akik
o   Hasil
Sebagai kebutuhan sehari-hari dengan berbagai macam fungsi dan manfaat
Selain itu, produk yang kami pasarkan mempunyai beberapa keistimewaan, diantaranya :
o   Harga terjangkau oleh kemampuan konsumen,
o   kualitas produk terjamin
o   sesuai dengan selera masyarakat

4.2.   Ruang Lingkup Usaha
Ruang lingkup lingkup usaha batu akik ini kami rancang dengan sebaik mungkin karena semua itu bisa berpengaruh terhadap maju mundurnya perusahaan kami, maka dari itu kami berusaha memberikan sesuatu yang terbaik untuk konsumen, seperti adimnnya cepat menanggapin pertanyaan konsumen tentang produk yang kami jual.
Perusahaan batu akik ini terletak di Jl. HR. Soebrantas KM. 15 perum. Nugraha Perdana Lestari Blok A.21 di sekitar kawasan pemukiman mahasiswa dan keluarga.

4.3.   Personalia dan Perlengkapan Kantor
­   Pemilik                            :     Riski Apriyanti
­   Penanggung Jawab       :     Alfian Usman Nasution
­   Sekretaris                       :     Atik Umamah
­   Bendahara                      :     Tika Apriani


BAB V
RENCANA PRODUKSI

5.1.   Proses Produksi
            Proses produksi yang kami jalankan dalam perusahaan gemstone shop ini kami tidak langsung memproduksinya sendiri kami kami hanya sebagai pihak kedua (distributor)

5.2.   Sumber-sumber Produk / Bahan
            Untuk sumber-sumber bahan batu akik kami mengambil dari supplier atau perusahaan yang sudah terjamin dan terbukti kualitas pakaiannya dengan model dan corak yang menarik konsumen tentunya. Sehingga dengan begitu tidak merugikan berbagai pihak, baik dari pihak perusahaan maupun konsumen yang membelinya.





BAB VI
RENCANA PEMASARAN

6.1.   Penetapan Harga
Harga yang akan dikenakan adalah harga yang diperkirakan akan terjangkau oleh masyarakat sekitar. Setelah memperhitungkan dengan cukup matang, akhirnya kami tetapkan sebagai harga awal berikut adalah tabel harga jasa produk yang ditawarkan. adapun untuk selanjutnya harga akan disesuaikan dengan perkembangan selanjutnya.
No.
Jenis Produk
Harga
1
Pandan nanas
> Rp. 300.000,- s/d Rp. 500.000,-
2
sulaiman
> Rp.200.000,- s/d Rp. 400.000  ,-
3
Bacan doko
> Rp. 500.000,- s/d Rp. 650.000,-
4
raflesia
> Rp. 300.000,- s/d Rp. 450.000,-
5
Pandan merah
> Rp.   100.000,- s/d Rp. 250.000,-
6
Anggur hijau
> Rp. 135.000,- s/d Rp. 250.000,-
7
Akar bambu
> Rp. 150.000,-
8
Black jade
> Rp. 400.000,- s.d Rp. 600.000,-

6.2.   Pelaksanaan Distribusi
            Distribusi yang dilakukan perusahaan kami yaitu distribusi intensif, diusahakan sebanyak mungkin agar dapat menjual produk sebanyak-banyaknya dan lebih mendekati konsumen, dengan cara iklan atau promosi di berbagai sosial media yang kami buat

6.3.   Strategi Promosi yang akan dilakukan 
Strategi yang akan kami jalankan pada perusahaan ini antara lain :
         Membuat brosur  berisi produk – produk baru dan di upload di semua sosial media.
         Melakukan iklan-iklan di dunia internet baik melalui situs jejaring sosial maupun forum.


BAB VII
PERENCANAAN ORGANISASI

7.1.   Job Description
¤   Pemilik usaha bertugas untuk memantau jalannya usaha dan menerima laporan sebulan sekali dari hasil usaha.
¤   Sekretaris bertugas untuk membuat surat-surat yang dubutuhkan oleh perusahaan, mencatat data.
¤   Bendahara bertugas untuk membuat laporan keuangan setiap bulannya.
¤   Penanggung jawab bertugas untuk bertanggung jawab mengupdate barang yang kami butuh kan untuk kami jual kembali.
¤ admin bertugas sebagai penjual atau melayani costumer yang bertanya tentang produk yang kami jual
7.2.   Latar Belakang Tim Management
Latar belakang tim management ini terdiri dari teman –teman mahasiswa yang dipercayai dapat memajukan tempat pelayanan yang berhubungan dengan usaha batu akik. Selain itu dituntut profesionalisme dalam menjalankan setiap pekerjaan.



BAB VIII
RESIKO


8.1.   Evaluasi tentang kelemahan Usaha (Analisis SWOT)
Strength (Kekuatan)
1.      Bertanggung jawab, disiplin kerja, kreatif dan inovatif
2.      Dapat memenuhi kebutuhan pelanggan
3.      Memberikan pelayanan terbaik terhadap pelanggan
4.      Menjual produk yang berkualitas
Weaknes (Kelemahan)
1.      batu akik merupakan sumberdaya alam terbatas dan tidak bisa di perbaharui, dan suatu saat kami akan kesulitan mencari batu yang akan kami jual.
Oportunity (Peluang)
1.      Dengan tetap manjaga mutu dan kualitas produk, kami yakin kami dapat bersaing secara sehat dengan usaha batu akik lainnya
2.      Saat ini dengan masih sedikitnya usaha di bidang batu akik secara online,maka kami lebih berpeluang menarik pelanggan yang menggunakan jejaring sosial.
Threaty (Ancaman) :
Munculnya usaha-usaha batu akik yang banyak menjamur di pinggir jalan.
8.2.   Gambaran tentang Masa Kini
Resiko yang dihadapi adalah berupa ancaman terhadap kelangsungan jumlah kunjungan pelanggan. Hal ini disebabkan semakin banyaknya penjual batu akik yang menjamur dimana-mana dengan lebih mudah dan murah yang berskala internasional. Dengan ini maka akan membuat kami kewalahan dalam menjualkan produk kami. Sebagai upaya untuk mengantisipasi hal ini, maka kami selalu memberikan dan menyediakan semua jenis produk batu akik dan tentunya sesuai dengan selera dan kebutuhan masyarakat. Dengan begitu pelanggan akan memiliki keterkaitan dan terus merasa perlu untuk datang ke tempat kami.
BAB IX
PERENCANAAN PERMODALAN

9.1.   Sumber-sumber permodalan
            Sebagai sumber awal mula pendirian usaha batu akik ini dari modal bersama, karena dalam mendirikan usaha ini kami tidak sendirian. Sebagai investasinya untuk itu didirikanlah perusahaan dalam bidang perdagangan
.
9.2.   Neraca Permulaan Perusahaan (perbulan)
1.      Modal Awal produksi
Bahan batu akik

Rp. 950.000,-
Biaya pembelian paket internet 2 kartu

Rp. 150.000,-+
Jumlah Modal Produksi

Rp. 1.100.000,-

2.      Biaya lain-lain
·          pengikiran 30.000*20 buah                Rp. 600.000 ,-
·            Pengikat/ring 100.000* 15 buah        Rp. 1.500.000,-                                              
·       Transportasi                                        Rp. 210.000,- +
Jumlah biaya lain-lain              Rp. 2.310.000,-
Total seluruh biaya produksi (1 + 2)
Jumlah modal produksi                                   Rp. 1.100.000.,-
Jumlah biaya lain-lain                                      Rp. 2.310.000,-    +
Total                                                                Rp. 3.410.000

9.3.   Proyeksi Aliran Kas
Untuk butik kami proyeksi keuntungan kotor adalah 40% dari penghasilan. Rata-rata untuk  kami ini, akan mampu menjual sekitar 17 buah batu akik perbulan, sehingga jika diambil keuntungan bersih perbulan adalah sekitar 2.500.000 – 3.390.000  perbulan.
Sehingga, pada bulan pertama, kami sudah bisa balik modal. Dan bulan selanjutnya, kami tinggal mengumpulkan untung dan kemungkinan besar kami gunakan untuk mengembangkan usaha kami.


BAB X
PENUTUP

Simpulan
Menurut pandangan saya usaha ini akan berkembang dan mencapai kesuksesan. Meskipun  banyak pesaing yang menjual batu akik ini tetapi saya sangat optimis bahwa usaha ini akan berkembang dan memberi harapan yang sangat menjanjikan. Saya akan berusaha dengan kemampuan yang saya miliki agar usaha ini dapat berjalan lancar untuk melaksanakan usaha ini dengan tidak pantang menyerah dengan segala kendala dan rintangan yang mungkin terjadi setiap saat. Saya juga berkeyakinan, untuk dapat mengatasi segala rintangan yang saya hadapi. Dalam menjalankan usaha ini membutuhkan kemantapan dan keuletan dalam menjalankannya. Saya juga akan bersungguh-sungguh dalam mengelola usaha ini sebaik mungkin. Begitu besarnya biaya usaha yang dibutuhkan, saya tidak akan main-main dalam usaha ini.
Demikin proposal ini saya buat sebagai pegangan dalam pengelolaan usaha, dan tolak ukur keberhasilan usaha. Semoga  usaha batu akik (gemstone shop)  yang  saya dirikan ini dapat berjalan sukses.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar